Senin, 21 Okt 2024
  • Selamat Datang di Website STAI DDI PAREPARE...
  • Selamat Datang di Website STAI DDI PAREPARE...

RAMAH TAMAH DAN PERPISAHAN MAHASISWA KKN

BANJIR AIR MATA DI ACARA RAMAH TAMAH DAN PERPISAHAN MAHASISWA KKN

 

Setelah menghabiskan 45 hari mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) sejak tanggal 08 Agustus – 21 September 2023 di Kabupaten Wajo Kecamatan Pitumpanua  Pimpinan STAI DDI Parepare  pada hari kamis, 21 September 2023 menarik mahasiswa/i sebanyak 24 orang yang telah mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) tersebar di 4 Desa yaitu Desa Ale’Lebba’e, Desa Lacinde’, Desa Marannu, dan Desa Jauhpandang

Sehari sebelum penarikan, mahasiswa KKN mengadakan malam ramah tamah sebagai wujud rasa syukur dan berterimakasih kepada masyarakat karena telah diberikan kesempatan mengamalkan ilmu yang telah diterima di bangku kuliah khususnya di bidang keagaamaan, pendidikan, dan sosial kemasyarakartan.

Tangis haru warga desa dan mahasiswa KKN mulai dari anak-anak sampai orang tua memecah keheningan malam disebabkan belum rela berpisah hal ini karena telah terjalin hubungan kekeluargaan yang begitu erat selama 45 hari melaksanakan pengabdian di lokasi KKN, namun ke 4  Kepala Desa yaitu Kepala Desa Marannu Ansyar, S.IP, Kepala Desa Ale’Lebba’e Syamsuddin, Kepala Desa Lacinde’ Amiruddin SE, dan Kepala Desa Jauhpandang Muhammad Wasiuddin SE sepakat menyampaikan kepada mahasiswa bahwa perpisahan ini bukanlah akhir dari pertemuan kita, namun kita berpisah untuk bertemu kembali dalam suasana yang berbahagia di lain waktu.

Menurut Ikhsan, S.Pd selaku Kepala Dusun Desa Marannu yang ikut larut dalam suasana haru di malam itu, sangat mengapresiasi kedatangan mahasiswa KKN STAI DDI Parepare yang telah banyak membantu dan membersamai pelaksanaan program-program Desa. Di tempat berbeda Muhammad Wasiuddin selaku kepala Desa Jauhpandang, ,mengucapkan banyak terima kasih karena kedatangan mahasiswa KKN STAI DDI Parepare telah memberikan suasana religius pada anak usia dini yang berada di Desanya.

Kegiatan penarikan Mahasiswa KKN yang dipimpin langsung oleh ibu sekertaris camat Riyanti Marzuki, S.Pt, MM tak ketinggalan mengucapkan terimakasih karena selalu memilih kecamatan Pitumpanua sebagai lokasi KKN STAI DDI Parepare dan berharap hal ini terus berlanjut untuk program-progran akademik selanjutnya, selain itu beliau berpesan untuk seluruh mahasiswa KKN supaya melanjutkan pendidikannya ke jenjang selanjutnya, karena menuntut ilmu itu adalah perintah Allah SWT dan Rasulullah SAW.

Wakil Ketua Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga STAI DDI Parepare Drs. H. Rahman Fasih, M.Ag  menyampaikan bahwa antusiasnya warga dan perangkat desa, dan masyarakat menerima mahasiswa/i STAI DDI Parepare selama  melaksanakan KKN di Kecamatan Pitumpanua memberikan harapan kepada kampus kami untuk selalu mengirim mahasiswa ber-KKN disini. Dikatakan bahwa KKN merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa/i dalam menerapkan berbagai ilmu yang sudah diajarkan di kampus. Beliau mengharapkan agar setelah mengikuti KKN segera menyelesikan skripsinya agar bisa menyelesaikan kuliahn dalam waktu yang tidak lama lagi.

Selaku dosen pembimbing lapangan Abdullah, S.Ag, M.Pd juga tidak melewatkan kesempatan mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah banyak membantu mahasiswa dan memberikan fasilitas dalam pelaksanaan program kerja sehingga bisa terlaksana dengan baik.

Sekretaris Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Putri Dewi, S.Pd.I.,M.Pd menyampaikan P3M merupakan lembaga yang melaksanakan kegiatan KKN mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan kegiatan KKN merasa sangat bersyukur karena seluruh mahasiswa selama KKN dalam keadaan sehat wal afiyat dan tidak mendapatkan kendala maupun hambatan yang berarti selama berlangsungnya KKN. Kegiatan berakhir dengan foto dokumentasi bersama.