Humas STAI DDI, Asistensi Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Bagi Guru-Guru SDSebagai komitmen dalam penerapan kurikulum merdeka, Kelompok Kerja Guru (KKG) GUGUS VII Wil.Ujung Melaksanakan Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Mata Pelajaran melalui penyusunan modul ajar pada kurikulum merdeka. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 23 November 2023 di UPTD SDN. 9 Parepare. Pemateri pada kegiatan ini adalah Putri Dewi, S.Pd.I, M.Pd., Dosen Perencanaan Pembelajaran di Prodi PAI STAI DDI Parepare. Workshop ini menyampaikan materi tentang esensi Kurikulum Merdeka, perencanaan pembelajaran, penyusunan modul ajar yang inovatif dan berdiferensiasi.
“Materi Padat, Lengkap dan Mudah dimengerti ini menjawab kegelisahan guru-guru yg tergabung di KKG GUGUS VII yang tak sedikit merasa sulit untuk membuat modul ajar kurikulum merdeka” ungkap Kepala Sekolah UPTD SDN 9 Parepare “kalo begitu sudah bisa menyediakan kantong modul untuk membuktikan siapa yang sudah mampu membuat modul ajar” tambahnya lagi.
“Jangan terburu-buru menyusun modul ajar di awal Tahun Ajaran baru atau awal semster sebelum memahami satu hal” Ujar Pemateri
Selanjutnya pamateri menyampaikan bahwa satu hal itu adalah Assessment Awal Pembelajaran atau Diagnostik awal dengan harapan dapat mengidentifikasi dan mengetahui sudah di tahap mana, dan di level kognitif mana peserta didik sudah siap untuk belajar materi itu, setelah informasi itu didapatkan barulah bisa menetapkan model pembelajaran yang berdiferensiasi sesuai kebutuhan, kemampuan dan kesiapan belajar peserta didik” Jelasnya lagi.
Guru-guru yang tergabung di KKG GUGUS wil VII antara lain SDN 3, SDN 4, SDN 18, SDN 9 Parepare yg notabene adalah wali kelas dan guru bidang studi, meskipun suhu ruangan kurang nyaman karena mati lampu, tapi para peserta sangat menikmati workshop tersebut karena pemateri yang sangat energik dan komunikatif kepada peserta workshop, Ujar Ketua KKG Akbar Warekkeng, S.Pd.Gr
Hal ini dibuktikan dengan adanya interaksi timbal balik yang terjadi selama pelaksanaan workshop.
“Apa Perbedaan Capaian Pembelajaran dengan Tujuan Pembelajaran?” Pertanyaan ini berasal dari Guru Bahasa Inggris SDN 3 parepare.
Ada juga peserta yang ingin diberikan pencerahan tentang jenis-jenis Model Pembelajaran.
Pemateri dengan semangat menjawab dan sekaligus menutup materinya dengan pernyataan ” Jenis-jenis model pembelajaran, Metode Pembelajaran dan strategi pembelajaran akan saya jelaskan pada undangan selanjutnya” (Putri)